Sabtu, 03 Januari 2009

Hubungan Komunikasi Antar Persona Perawat dan Keluarga Pasien serta Kepuasan Keluarga Pasien dengan Persepsi tentang Citra RSU Djojonegoro Temanggung

Di dalam pelayanan kesehatan rumah sakit, petugas yang sangat banyak mendapatkan sorotan karena berpengaruh adalah perawat. Tanpa mengabaikan petugas kesehatan yang lain, kehadiran dan sentuhan perawat mempunyai proporsi yang terbesar dirumah sakit. Sedangkan perawat professional adalah adalah seorang perawat yang memiliki dan menerapkan teknologi keperawatan dalam menjalankan praktek keperawatan dan memcakup ketrampilan intelektual, ketrampilan teknikal dan ketrampilan interpersonal serta menggunakan etika profesi baik dalam melaksanakan praktek profesi maupun dalam kehidupan profesi. Untuk meningkatkan persepsi tentang citra rumah sakit, maka harus didahului dengan peningkatan komunikasi antar persona khususnya dalam hubungan antar persona antara perawat dengan keluarga pasien.
Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu “Adakah Hubungan Komunikasi Antar Persona Perawatan Dan Keluarga Pasien Serta Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Persepsi Tentang Citra Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Hubungan Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien Serta Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Persepsi Tentang Citra Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung”. Hipotesis mayor adalah “ Adakah Hubungan Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien Serta Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Persepsi Tentang Citra Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung”.
Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung dengan populasi Keluarga Pasien di Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung yang selama ini mengikuti atau menunggu saudaranya yang sedang sakit di rumah sakit tersebut. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel Incedental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel, bila dipandang orang tersebut yang kebetulan ditemui itu merasa cocok / sesuai sebagai sumber data. Dalam penelitian ini diambil sebanyak 40 orang dengan pertimbangan dengan sejumlah itu dianggap mewakili dari keluarga pasien yang lainnya. 
Dari analisis hasil penelitian dalam uji hipotesis penelitian dipergunakan rumus statistik Analisis Regresi Dua Prediktor untuk mengetahui “Uji Korelasi / Hubungan” diketahui hasilnya yaitu Freg (Fo) = 6,773 > Ft 1 % = 5,25. Penggabunagn hasil tersebut menunjukkan bahwa korelasi dinyatakan sangat kuat atau hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa “ Ada Hubungan Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien Serta Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Persepsi Tentang Citra Rumah Sakit Umum Djojonegoro Kabupaten Temanggung” dinyatakan terbukti kebenarannya.
Sumbangan Relatif Variabel Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien sebesar 86,392% dan Variabel Kepuasan Keluarga Pasien sebesar 13,608 %, sedangkan Sumbangan Efektif Variabel Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien sebesar 23, 14 % serta Kepuasan Keluarga Pasien sebesar 3,645 %. Dengan demikian besar sumbangan variabel Komunikasi Antar Persona Perawat Dan Keluarga Pasien lebih besar dari variabel Kepuasan Keluarga Pasien. Dengan demikian faktor komunikasi antar persona perawat menentukan citra rumah sakit. 


In service of hospital health, very officer many getting focus of because having an effect on is nurse. Without disregarding other health officer, attendance and nurse touch have the ill biggest proportion at hospital. While nurse professional is a nurse owning and applying treatment technology in running treatment practice and include intellectual skilled, skilled of technical and skilled of interpersonal and also use the good profession ethics in executing profession practice and also in profession life. To increase perception of about hospital image, hence have to be preceded with the make-up of communications between persona specially in relation between persona among nurse with the patient family.
As for formula is problem of this research that is :
”Are There Any Communications Relation Between Persona of Treatment And Patient Family And Also Satisfaction of Patient Family With The Perception About Public Hospital Image Djojonegoro of Sub-Province Temanggung". Target of this research is To Know The Communications Relation Between Persona of Nurse And Patient Family And Also Satisfaction of Patient Family With The Perception About Public Hospital Image Djojonegoro of Sub-Province Temanggung". Major Hypothesis is : "Are There Any Communications Relation Between Persona of Nurse And Patient Family And Also Satisfaction of Patient Family With The Perception About Public Hospital Image Djojonegoro of Sub-Province Temanggung".
This Research is done at home Public Hospital Djojonegoro of Sub-Province Temanggung with the population of Patient Family at Hospital Djojonegoro of Sub-Province Temanggung which during the time follow or await the bother/sister who is ill at hospital. Intake sampel use the technique of intake of sampel Incedental Sampling that is technique of determination sampel of pursuant to coincidence that is whosoever which coincidence come in contact with the researcher can be made by sampel, when looked into by a the people is which coincidence met that feel compatible to as source of data. In this research is taken counted 40 people with the consideration with a number of that assumed to deputize from family of the other patient 
From analysis of result of research in test of research hypothesis utilized a statistical formula Analyse The Regresi Two Prediktor to know the " Correlation Test" known its result that is Freg (Fo) = 6,773 > Ft 1 = 5,25. Merger the result indicate that the correlation expressed very strong or research hypothesis accepted. Thereby hypothesis raised in this research that " Are There Communications Relation Between Persona of Nurse And Patient Family And Also Satisfaction of Patient Family With The Perception About Public Hospital Image Djojonegoro of Sub-Province Temanggung" expressed proven its truth.
Contribution Relative Communications Variable Between Persona of Nurse And Patient Family equal to 86,392% and Variable of Satisfaction of Patient Family equal to 13,608 %, while Effective Contribution Communications Variable Between Persona of Nurse And Patient Family equal to 23,14 % and also Satisfaction of Patient Family equal to 3,645 %. Thereby big contribution of Communications variable Between Persona of Nurse And Patient Family bigger than variable of Satisfaction of Patient Family. Thereby communications factor between nurse persona determine the hospital image



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut