Minggu, 20 Maret 2011

BARGAIN CITY

Karir Anda sedang menanjak lebih cepat dari yang Anda perkirakan.Anda berpikiran bahwa kesarjanaan SIM Anda memungkinkan Anda bekerja sebagai programer bagi Bargain city.Bargain City adalah suatu jaringan pengecer yang mengikuti Model Wal-Mart.tetapi,pengunduran diri tiga analis sistem mengubahnya .Para analis keluar untuk membentuk perusahaan konsultan mereka sendiri.
Karena bos Anda ,Alias Ernst tahu bahwa Anda menonjol dalam analisis sistem kuliah,maka ia memutuskan untuk mejadikan Anda analis sistem.Ia segera memberi Anda penugasan yang pertama.Alisa mengatur agar anda mengunjungi suatu tko untuk mengenal kegiatan di tingkat toko.Ia mengharapkan anda mempersiapkan suatu laporan tertulis yang dapat menjadi dasar proyek sistem dimasa yang akan datang.
Anda tiba di toko West Alameda pukul 9 pagi,an terkejut karena banyak orang yang sedang berbelanja.Tempat parkir penuh,dan anda harus menunggu 10 menit untuk mendapatkan tempat parkir.Di dalam kondisinya tiak lebih baik.Toko tersebut besar ,dengan lima belas tempat kasir.tapi hanya empat yang buka .Pada tiap tempat kasir,salah satunya adalah jalur ekspres,terdapat antrian pembeli yang panjang.Untung Anda tiak membeli apa pun.Karena Anda hanya mengadakan penelitian sitem,anda dapat segera keluar.
Anda mengamati kegiatanitu sebentar kemudian pergi ke gudang.Saat itu tiga orang petugas gudang sedang membuka kotak-kotak.Anda mendengar salah seorang berkata:,”Sudah kamu temukan?”karena ingin tahu,Anda memperkenalkan diri dan menanyakan apa yang sedang mereka cari.Salah seorang petugas itu memberitahu Anda bahwa toko ini memiliki kekhususan alat-alat masak,tetapi kehabisan cairan penyala arang.Truk yang seharusnya membawa persediaan rusak di Tuba City.Habisnya cairan penyala merupakan salah satu penyebab antrian yang panjang.Petugas kasir harus memberikan kupon yang menandakan pembeli telah memesan barang tersebut.Anda dapat mengerti mengapa para petugas gudang sangat kesulitan,gudangnya benar-benar berantakan.karton-karton ditumpuk dimana-mana,tanpa suatu aturan tertentu.
Anda menanyakan letak komputer toko tersebut,dan diantarkan kesuatu ruang kecil di pojok.Anda berpikir disinilah otomatisasi sedang berkerja .
Setelah melihat operasi dibelakang,anda kembali ke depan antrian panjang-orang-orang yang menunggu untuk menguangkan cek dan mengembalikan pembelian.Sebagian besar pengembalian tampaknya barang pecahn belah yang ternyata pecah saat pelanggan membuka kantong belanja mereka dirumah.Petugas pengantong tampaknya tidak mengemas dengan baik.
Saat Anda akhirnya mencapai kepala antrian ,Anda terkejut melihat bahwa kasirnya sebenarnya adalah manjer toko.Ia meminta Anda untuk kembali saat ia memiliki waktu.Ia menjelaskan bahwa ia terpaksa “memberhentikan banyak orang”untuk tetap dalam anggaran yang ditetapkan kantor pusat.Dari cara ia memberikan penjelasan Anda dapat melihat bahwa ia tidak senang dengan seluruh situasi tersebut.Anda memutuskan untuk tidak tetap tinggal .Anda pamit dan kembali ke kantor Anda untuk menjulis laporan selagi semuanya masih teringat jelas.
Tugas
Siapkan memo untuk Alisa .Dialah manajer dari para analis sistem.Pertama-tama,daftarkan masalah sistem fisik toko West Alameda.Untuk tiap masalah ,identifikasikan tindakan perbaikan yang mungkin.Kemudian lakukan hal yang sama untuk sistem konseptual .Buatlah dan gunakan termilogi sistem dari bab ini.Alisa juga mendapat pelajaran SIM di kuliah.


Jawaban:

Setelah melakukan pemeriksaan ke toko West Alameda, berikut adalah hasil dari analisa-analisa yang saya lakukan. Terdapat berbagai permasalahan-permasalahan yang mungkin dapat diperbaiki dengan rekomendasi solusi-solusi dari saya.
Kemarin antrian di toko West Alameda sangat penuh, hal ini dikarenakan habisnya cairan penyala karena truk yang mengantar persediaan tersebut rusak. Tapi faktor utama yang paling fatal yang menyebabkan antrian panjang tersebut adalah petugas gudang yang tidak mampu menemukan persediaan cairan penyala tersebut. Disamping itu, letak barang-barang tersebut sangat berantakan, tidak sesuai dengan aturan-aturan tertentu. Saya merekomendasikan sebaiknya, diadakan aturan-aturan tertentu dalam peletakkan barang-barang digudang seperti penggunaan kode-kode tertentu pada barang-barang, disamping itu kita juga bisa memberikan kode pada lokasi atau rak-rak barang tersebut berada. Misalnya A-1 sampai Z-10. Kode-kode tersebut akan dimasukkan dalam sistem stock sehingga mampermudah petugas gudang untuk menemukan letak-letak barang tersebut. Misalnya panci memiliki kode sebagai berikut (P01/ F5). Dalam hal ini, saya mengkategorikan panci sebagai barang yang penjualannya tidak terlalu signifikan sehingga saya memberikan kode P (yang jauh dari barang-barang prioritas dengan kode A) . 01 saya gunakan untuk merk / tipe panci tertentu misalnya 01 untuk buatan Wallstreet, 02 untuk buatan Hitachi dan lain-lain. F5 disini menandakan posisi barang di gudang. F untuk menandakan rak F (saya membuat kode tiap rak dari A – Z) dan urutan ke – 5 dari bawah. Selain itu, perlu disediakan rak khusus atau bisa kita namakan rak karantina untuk menyimpan barang-barang yang dikembalikan pembeli karena rusak. Pengkodean tersebut akan berhubungan dengan sistem persediaan barang. Akan dibuatkan 2 record (2 tabel) tentang sistem stock barang. Kita bisa memanfaatkan database untuk media penyimpanan data ini. Record pertama untuk menyimpan jumlah persediaan barang yang ada di gudang dan record kedua untuk menyimpan jumlah persediaan di toko. Sehingga karyawan yang berada di toko juga dapat mengetahui jumlah barang yang tersedia di gudang maupun di toko.
Langkah berikutnya adalah pembuatan sistem untuk bagian cashier. Kita dapat menggunakan bar code untuk memudahkan cashier memasukkan harga-harga barang dengan cepat. Selain itu jika terdapat banyak pengembalian barang oleh pembeli karena rusak, perlu diadakan chasier khusus yang menguangkan cek barang-barang yang dikembalikan. Sistem yang akan dibuat akan saling terhubungan antara yang satu dengan yang lain. Setelah cashier menginput barang yang dijual, sistem akan otomatis mengurangi jumlah persediaan barang yang ada di toko. Jika persediaan barang yang ditoko habis, sistem tersebut akan memberikan pemberitahuan kekomputer yang ada digudang sehingga petugas gudang akan mengetahuinya dan memindahkan stock yang ada di gudang ketoko.
Demikianlah laporan analisis sistem yang saya buat ini. Saya harap anda dapat mempertimbankan segala kemungkinan-kemungkinan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut