Kamis, 19 Maret 2009

Cara Cepat dan Aman Turunkan Berat Badan

Memiliki tubuh langsing ideal merupakan impian setiap orang khususnya perempuan. Bahkan, ada orang mencoba diet ekstrim yang merugikan kesehatan. Sebenarnya, apa salahnya menurunan berat dalam waktu cepat? Salahkah jika Anda mengejutkan teman-teman dengan menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu?

Menurut Michael Dansinger, MD, dokter medis untuk NBC's The Biggest Loser show, tidak ada salahnya menurunkan berat badan dengan cepat. Tentu saja, selama Anda melakukannya dengan benar."Teorinya, seseorang dapat menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu jika diikuti dengan rencana pengaturan makan dan olahraga yang ketat, melakukan lebih dari 7 jam olahraga intens per minggu dan tentu saja dibawah pengawasan dokter," terang dia.

Pada dasarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin terlihat cantik. Tampil menarik dalam pesta perkawinan teman atau acara reuni yang akan datang bisa menjadi motivasi Anda dalam menurunkan berat badan. Tetapi, sebelumnya Anda perlu menyusun rencana."Jangan berhenti sampai seminggu sebelum acara yang ingin Anda hadiri dan cobalah membuang 10 kg dari berat badan Anda," ujar Tara Gidus, pakar diet dari the Orlando Magic.

Rahasia turunkan berat badan

Menurunkan berat badan mempunyai formula matematika yang sederhana. Anda harus membakar kalori lebih banyak daripada yang Anda makan. Para pakar menganjurkan pengurangan 500 kalori per hari dengan mengkombinasikan pengurangan konsumsi kalori dan peningkatan aktivitas fisik. Diet ini akan menurunkan 1/2-1 kg lemak dalam seminggu.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat lagi, Anda perlu makan lebih sedikit dan olahraga lebih banyak. Tetapi, jangan lupa batas, makan terlalu sedikit akan mengganggu kesehatan. Para pakar menganjurkan batas bawah kalori sekitar 1050-1200. Dengan mengikuti cara ini, Anda akan menurunkan berat badan sebanyak 1 1/2-2 1/2 kg dalam minggu pertama atau bahkan lebih jika berat badan Anda di atas 125 kg.

"Para pelaku diet yang mengikuti rencana bisa menurunkan berat badan 1 kg dari diet dan 1/2 kg dari olahraga tiap minggu, atau bahkan lebih jika mereka punya lebih banyak untuk dihilangkan, semakin banyak lemak untuk dihilangkan maka akan semakin cepat," ujar Dansinger.

Anda bahkan bisa menurunkan lebih banyak lagi jika Anda membatasi jumlah garam dan tepung kanji."Dengan membatasi jumlah sodium dan tepung kanji berarti Anda juga mengurangi retensi cairan, akibatnya bisa menghilangkan 2 1/2 kg cairan di awal mulai diet," terang Dansinger.

Jika hendak menurunkan berat badan, terang Dansinger, kalori memegang peranan utama. Dia menganjurkan agar Anda mengkonsumsi 14 kalori per kilogram berat badan. Jika berat badan Anda 100 kg, berarti jumlah konsumsi Anda 1400 kalori per hari. Tetapi, jumlah kalori tidak boleh kurang dari 1050 kalori. Sebagian besar para ahli diet menganjurkan minimum 1200 kalori per hari.

Dansinger merekomendasikan diet yang meminimalkan jumlah tepung kanji (bahkan dari beras murni yang sehat tetap harus dibatasi), pemanis tambahan, lemak hewani dari daging dan produk susu. Agar mendapat berat badan ideal dalam waktu cepat, para pelaku diet sebaiknya memilih buah, sayuran, putih telur, produk kedelai, daging unggas tanpa kulit, kerang-kerangan, produk susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak sebagai makanan utama.

Tidak hanya itu, terang dia, masih ada cara lain untuk mengontrol kalori. Anda bisa meminimalkan total lemak. Tetapi, menurut dia, cara ini lebih susah daripada cara rencana diet di atas. Para pakar diet lain juga menganjurkan untuk menambah konsumsi air, protein, serta membuat daftar makanan.

Juru bicara American Dietetic Association Dawn Jackson Blatner merekomendasikan cara berikut:


Tambah konsumsi sayuran berkalori rendah agar membuat Anda tetap kenyang
Minum banyak air sehingga Anda tidak mengacaukan lapar dengan haus
Jauhkan makanan yang menggoda dari rumah Anda
Tetaplah sibuk untuk mencegah makan berlebih karena kebosanan
Saat duduk di meja, makanlah makanan yang sudah ada di piring Anda saja

Olahraga untuk memeprcepat penurunan berat badan

Walaupun Anda sudah berolahraga, Anda tetap harus menambah intensitasnya jika hendak menurunkan berat badan dengan cepat. Sebuah jurnal yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine menganjurkan olahraga intensitas sedang satu jam setiap harinya.Ini sesuai dengan saran Dansinger, 7 jam per minggu latihan kardio.

Diet ekstrim

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat tetapi tidak punya cukup waktu untuk berolaraga. Pilihan tercepatnya biasanya jatuh pada diet ekstrim Tetapi ingatlah, mengurangi jumlah kalori hingga di bawah 1050 per hari tidak produktif karena Anda perlu otot yang kuat agar bisa berolahraga secara efektif.

"Mengkonsumsi terlalu sedikit kalori akan mebgurangi jumlah lemak Anda tetapi juga otot Anda, ini hal yang terburuk karena akan memeprlambat proses metabolisme dan akan semakin susah bagi Anda untuk meningkatkan intensitas atau durasi olahraga," tegas Dansinger.

Intinya, para pakar setuju kalau program diet cepat seharusnya identik dengan rencana diet jangka panjang dan berkelanjutan, dan tentunya bukan diet ekstrim. Selain itu, jumlah total kalori harian tidak boleh kurang dari 1050 kalori.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kontributor

Foto Saya
Kembaran, Temanggung, Indonesia

Pengikut